When I'm Homesick



Hidup bersama keluarga memang menyenangkan. Pasalnya tak ada hal yang lebih menyenangkan dari pada berkumpul dengan keluarga sendiri. Membantu mama memasak, mendengar nasihat bapak serta bercanda dengan kakak. What a beautiful my life is!



Tapi ada saatnya kita harus berpisah dengan keluarga karena alasan tertentu, mungkin karena kuliah atau bekerja. Seperti saya ini, keluarga saya ada di Jogja dan sekarang saya kuliah di Bogor EduCARE Jawa Barat.

Suka sedih dan galau sendiri kalau lagi inget mereka, jiwa melankolisnya sering muncul. Tapi apapun itu kita harus kuat, gak boleh dengan pengorbanan ini. Berikut ada beberapa tips untuk mengatasi rasa kangen keluarga walau kita jauh dari mereka :

1.     Bawa barang special dari rumah
Arti barang dari rumah di sini adalah barang memorial yang selalu membuat kita ingat dengan keluarga dan merasa dekat dengan mereka. Contoh saya selalu membawa boneka Patrick kecil yang selalu saya peluk saat tidur. Boneka ini dari mama, kalau saya lagi kangen sama mama pasti saya peluk boneka itu.

2.    Komunikasi berjalan baik
Jangan lupa telfon atau sekedar mengirim sms ke keluarga. Hal ini gak akan membuat kita menjadi sosok yang kekanakan kok. Bermanja-manja dengan mama atau bapak itu wajar, namanya juga anak :p

3.    Perbanyak teman
Berbicara dan berbagi pengalaman dengan teman baru akan menambah wawasan kita juga sedikit melupakan kerinduan akan orang tua. Intinya jangan biarkan kita duduk melamun sendiri karena hal itu akan membuat kita semakin terpuruk dengan kerinduan pada orang tua.

4.    Berusaha lebih giat
Pada awal masa jauh dari orang tua memang sangat terasa berat. Dulu saya sampai turun beberapa kilo karna selalu nangis keinget mama, makan pun gak enaak, telfon sambil nangis. Haduh..

5.    Mantapkan tujuan
Jauh dari orang tua pasti ada tujuannnya dan salah satu dari banyak tujuan itu pasti ada ‘Ingin membahagiakan orang tua’. Jangan hanya karena sedikit pengorbanan ini, kita kalah dan pulang. Coba deh renungkan, apakah dengan pulang, kita akan membahagiakan orang tua kita? Yakin bisa jadi anak yang berguna dengan pulangnya kita? Orang tua sudah berkorban banyak untuk kita dan sekarang giliran kita yang berjuang banyak untuk kebahagiaan mereka.

6.    Cari kegiatan lain
Hal ini sama seperti mencari kesibukan, di saat orang tua kita sibuk dengan urusan mereka. Kita juga tak bisa merengek-rengek untuk di temani via telfon, kan? Kita bisa mengerjakan tugas-tugas kita, belajar mungkin *biar pinter :p* atau jalan-jalan mencari pengalaman.

Oke, semoga dengan tips di atas bisa membuat kita lebih kuat di perantauan ya :D


0 komentar:

Posting Komentar

This is my own blog that I share what I want and I know. Hope you enjoy it! :D
 
Copyright 2009 Arva Karina All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes
Blogger Templates