Etika Bergaul Dalam Kantor


Kantor adalah sebuah tempat berkumpulnya banyak orang yang mengerjakan tugasnya, baik pekerjaan yang sama ataupun pekerjaan yang berbeda. Nah, saat kita bekerja.. pastilah kita bertemu dengan banyak orang. Baik itu yang berhati malaikat ataupun kepribadian yang buruk sekalipun. 



Sebagai manusia yang perlu berinteraksi dengan orang lain kita tidak bisa menjauhi mereka ataupun bersikap pilih-pilih. Bergaullah dengan semua karyawan, minimal kalian mempunyai hubungan yang baik dengan mereka. Untuk hal tersebut, terdapat etika-etika yang perku diperhatikan. yaitu :

1)      Bertutur sapa.
Bertutur sapa di sini bisa dilakukan dimanapun pada siapapun. Baik pada karyawan sedepertemen atau satpam sekalipun. Hal ini dapat menjadi perilaku yang dapat menambah image anda sebagai karyawan yang baik dan ramah.

2)      Profesionalitas ketika menerima tamu.
Ketika anda menerima tamu ataupun menjadi seorang tamu adapun hal-hal yang perlu anda perhatikan antara lain jangan berbicara bertele-tele. Jika tamu mempunyai urusan pribadi dengan kita usahakan dibicarakan setelah jam kerja usai.

3)      Berbicara meluli telepon.
Jangan berbicara terlalu lama ditelepon karena hal tersebut akan mengganggu karyawan lain.

4)      Bersikap profesional walau sedang mempunyai masalah.
.
5)      Jadilah anggota tim yang baik dalam lingkungan kerja anda.
Jangan malas untuk mengerjakan tugas kalian. Selain di cap tidak baik, hal itu juga akan merepotkan orang lain dan kelompok.

6)      Bersikap loyalitas dan menjaga rahasia perusahaan.
Perusahaan tempat anda bekerja bagaikan keluarga anda, jadi sedikit anda membuka kecacatan perusahaan sama saja anda membuka kecacatan sendiri. Jadi kita harus pintar-pintar memilih topik pembicaraan yang baik untuk dibicarakan dan tidak.

7)      Berbicaralah seperlunya ketika anda bekerja.
Terapkan prinsip sedikit bicara banyak bekerja. Namun hal ini bukan berarti anda harus diam selama di kantor.

8)      Hindari bergosip
Hindarkan diri dari gosip. Baik itu mendengar ataupun ikut membicarakan gosip tersebut. Selain bergosip itu dosa, hal itu juga membuat-buang waktu kerja kalian yanhg berharga.

9)      Penuh perhatian terhadap orang lain (empaty) dan mampu menjaga perasaan orang lain
·         Berusahalah untuk mengingat nama rekan kerja kalian. Nametag bisa menjadi solusi jika kalian adalah tipe orang yang pelupa.

·         Tidak berkumpul dalam geng tertentu. Berbaurlah.

·         Jangan sungkan untuk memuji. Tapi usahan memuji dengan hati yang tulus buka di buat-buat

·         Tidak sungkan membantu

·         Mulutmu harimaumu.. pegang prinsip itu. Karna pada nyatanya, seseorang dinilai dari kata-katanya.


Sementara hal-hal yang perlu di perhatikan dalam bergaul di luar lingkungan kantor kurang lebih sama seperti etika bergaul dalam kantor. Siapapun orangnya pasti tidak suka berteman dengan orang yang sombong, egois, dan tidak profesionalitas bukan?
Maka jadilah pribadi yang menyenangkan supaya tali silahturahmi dengan orang-orang di dalam maupun di luar kantor akan terjalan dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar

This is my own blog that I share what I want and I know. Hope you enjoy it! :D
 
Copyright 2009 Arva Karina All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes
Blogger Templates