Sehatkah Kuku Anda?




Kuku merupakan salah satu aset berharga bagi wanita atau bahkan bagi lelaki sekalipun. Mereka rela merogoh kocek untuk bermini pedi ke salon untuk menjaga keindahan kuku mereka. Namun siapa tahu bahwa dari kuku kita bisa tahu kesehatan kita. Penasaran? Simak ulasan berikut :


1. Kuku pucat pucat
Biasanya agak kebiruan dan warnanya tidak semerona biasanya. Hal ini mengidentasikan anemia, kurang zat besi atau kekurangan oksigen.
Sebaiknya konsumsi sayuran berzat besi tinggi seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, serta daging merah.
Hal ini jugamenandakan diabetes atau penyakit lever jika warna kuku pucat bertahan lebih lama. Namun untuk hal yang lebih pasti, segera periksakan ke dokter :D

2. Menebal dan kekuningan
Menurut Dr. Agarwal, penebalan serta perubahan warna kuku seperti ini menunjukkan adanya infeksi jamur yang biasa terjadi pada kaki. Namun tenang, hal ini bisa disembuhkaan dengan mengonsumsi obat tertentu, sesuai saran dokter tentunya.

3. Kuku yang menghitam
Hal ini menandakan melanoma (kanker yang terjadi pada pigmen kulit). Maka hati hati dengan kuku menghitam yang tak bisa hilang dan seperti muncul dari dalam.
Namun hal ini tetap harus di konsultasikan dengan dokter. Penyebab kuku menghitam bisa juga di sebabkan oleh oukulan benda tumpul atau terjatuh.

4.  Permukaan kuku tidak rata
Hal ini memnadakan kuku sedang mengalami stress. Kondisi lebih parah adlah kuku sperti kulit jeruk dan berlubang-lubang. Mengerikan!

5. Kuku yang tipis dan mudah patah
Hal ini bisa jadi anda kekurangan hormon thyroid yang dibarengi dengan kerontokan rambut yang parah. Hormon thyroid adalah Hormon  yang membantu mengatur metabolisme tubuh dan mempengaruhi berbagai proses, misalnya pertumbuhan dan fungsi-fungsi penting dari tubuh.

 6. Kuku yang bergaris-garis putih
Hal ini menandakan kekurangan protein, problem pada liver, ganguan pada ginjal dan tubuh kekurangan nutrisi yang di tandai dengan di kukuterdapat garis – garis tipis warna putih  horizontal pada kuku yang semakin lama semakin kentara.
Namun biasanya kondisi ini bisa menghilang secara sendirinya.

7. Kuku yang membiru
Berbeda kondisi kuku yang  pucat, di kondisi ini kuku membiru gelap dengan merata. Tidak mudah menghilang dan jemari tidak terasa dingin. Hal ini menandakan tubuh kekurangan oksigen, ada gangguan pada pernafasan, peredaran darah sekitar area tangan kurang lancar atau terikat terlalu lama pada sebuah benda yang menyebabkan oksigen terhenti.

Jika kalian mengalami kondisi kuku yang seperti ini sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat. Jika kondisi ini dibiarkan saja maka perlahan sel-sel di dalam jaringan tersebut akan rusak.
Sudah tahukan infonya? Semoga bermanfaat ya kawan :D

0 komentar:

Posting Komentar

This is my own blog that I share what I want and I know. Hope you enjoy it! :D
 
Copyright 2009 Arva Karina All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes
Blogger Templates